pelantar.id – Pemerintah Kota Batam akan menggelontorkan dana percepatan pembangunan infrastruktur untuk 64 kelurahan di kota itu. Setiap kelurahan, bakal mendapat dana bantuan hingga Rp1,6 miliar.

Dana bantuan itu bersumber dari dana percepatan infrastruktur kelurahan sebesar Rp1,3 miliar dan Dana Alokasi Umum (DAU) tambahan dari pemerintah pusat sebesar Rp350 juta untuk infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat.

“Kami sudah anggarkan dana percepatan infrastruktur kelurahan sebesar Rp83,2 miliar. Ditambah DAU tambahan dari pemerintah pusat Rp22 miliar. Ini untuk mempercepat pembangunan infrastruktur di Batam,” kata Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, Rabu (30/1/19).

Rudi mengatakan, besaran dana kelurahan itu naik dari tahun 2018 yang sebesar Rp1,1 miliar per kelurahan. Ia menginstruksikan perangkat pemerintahan mulai camat hingga ke RT untuk mulai perencanaan penggunaan dana infrastruktur tersebut.

Baca Juga :   Sepotong Cinta untuk Lombok dari Anak-Anak Setokok

Berdasar Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Batam, program infrastruktur khususnya pembangunan jalan lingkungan ditargetkan selesai tahun 2021. Karena itu, Rudi menekankan pentingnya kerja sama dan koordinasi di semua lini pemerintahan di Batam.

“Gunakan dana itu dengan sebaik-baiknya. Utamakan program prioritas seperti pembangunan atau peningkatan jalan dan drainase. Silakan dirembukkan dalam musrenbang (musyawarah rencana pembangunan),” kata dia.

Program Prioritas

Penyaluran dana infrastruktur dan dana alokasi umum dari pusat itu sebelumnya juga sudah disampaikan Rudi saat menghadiri Musrenbang tingkat Kelurahan Belian, Senin (28/1/9) lalu.

“Saya berharap program-program prioritas sudah dikerjakan mulai sekarang. Dengan demikian, pekerjaan bisa selesai sebelum akhir tahun,” katanya dikutip mediacenter.batam.go.id.

Baca Juga :   Ini Hasil Audit Kearsipan Internal di Lingkungan Pemko Batam

Dalam Musrenbang Kelurahan Belian, ada 10 usulan prioritas yang disepakati masyarakat yakni, pembangunan drainase saluran parit besar di Odessa sepanjang 1.500 meter, gorong-gorong di Taman Raya tahap I sepanjng 600 meter, dan pembangunan tanggul batu miring di Batara Raya sepanjang 500 meter.

Program lain adalah, pembangunan gedung sekolah dasar di Botania Garden, pembangunan SMP di perumahan Pesona Asri, penambahan ruang kelas baru di SDN 006 Batam Kota, dan pembangunan jalan masuk Taman Raya tahap III sepanjang 400 meter. Lalu, pembangunan drainase lanjutan di Valencia hingga Taman Raya volume 800 meter, pembagunan GOR mini di Nadim Raya, serta pembangunan batu miring di Pesona Boulevard sepanjang 400 meter.

*****