Pelantar.id – CEO Apple Tim Cook telah mengumumkan tiga model iPhone generasi penerus iPhone X pada 12 September lalu di Amerika Serikat. Di antaranya adalah iphone Xs dan iphone Xs Max. Kemudian Apple menyisipkan satu smartphone opsi ‘murah’ iphone XR.

iPhone X dan iPhone XS Max, smartphone ini memiliki desain identik dengan pendahulunya. Keduanya menggunakan desain layar edge-to-edge alias bezeless dengan notch di bagian atas. Dalam notch terdapat sejumlah sensor, seperti kamera depan, infrared, flood illuminator, sensor ambient light, proximity, microphone, dan dot projector.

Iphone Xs dan Xs Max hanya dibedakan dengan ukuran layar, namun jeroannya sama. Sama sama memiliki prosesor baru A12 bionic chip yang diklaim dapat membuka apps lebih cepat 30% dari pendahulunya.

iPhone XS memiliki layar 5,8 inci dengan panel OLED Super Retina. Layar XS Max lebih besar dengan ukuran 6.5 inch, namun sama sama OLED HDR Screen dengan kerapatan pixel 458ppi berteknologi retina display.

Baca Juga :   Lima Manfaat Hobi Mancing

Kamera belakang Xs dan Xs Max sama sama memiliki dual camera dengan 12 megapixel wide dan telephoto. Sedangkan kamera selfie berkapasitas 7 MP.

Kedua iPhone ini dibuat dari material stainless steel dengan bezel silver yang menyelimuti pinggiran bodi. Apple turut menyertakan sertifikasi IP68 sehingga kedua model ini tahan air hingga kedalaman 2 meter.

Apple menyediakan tiga pilihan kapasitas penyimpanan untuk kedua iPhone tersebut, yakni 64GB, dan 128GB, dan 256GB. iPhone XS dan XS Max hadir dalam tiga pilihan warna, yakni silver, gold and space gray.

Apple membanderol iPhone XS mulai harga US$ 999 (Rp 14 juta), sedangkan XS Max US$ 1.099 (Rp 16,2 juta) untuk memori 64 GB.

Baca Juga :   Taufik Kurniawan Ditahan KPK, Dicopot dari Pimpinan DPR

Iphone XR

foto: iPhone

Sementara iPhone XR keluar sebagai opsi yang lebih ‘ramah dikantong’. Dengan spesifikasi yang lebih rendah. Layar LCD dengan resolusi 1792x828pixel dan kerapatan pixel 326ppi sudah Retina display.

Berbeda dengan Xs dan Xs Max yang berbodi stainless steel, iPhone XR berbodi alumunium dengan lapisan kaca di belakang.

Single camera tertanam di belakang dengan lensa wide angle beresolusi 12 mega pixel.memiliki prosesor yang sama dengan Xs dan Xs Mas A12 bionic chip dan ip rating IP67 untuk ketahanan air.

Pilihan warna yang lebih beragam ditawarkan oleh iPhone XR diantara nya biru, coral pink, yellow,white,black dan product red. Harga dimulai dari USD$749 dengan kapasitas memori 64GB atau kisaran Rp 11 juta. Handset ini diperkirakan bakal lebih diminati ketimbang iPhone XS dan XS Max.

 

Editor: Eliza Gusmeri

Sumber: Teknomata.id