pelantar.id – Kepulauan Riau termasuk surga wisata di Indonesia. Pilihan wisata yang ditawarkan cukup variatif. Dalam menyambut ramadan ini, ada beberapa pilihan wisata religi yang dapat disambangi.

Di antaranya adalah rumah ibadah atau mesjid. Masing-masing kabupaten di Kepuluan Riau menyiapkan rumah ibadah nan megah, sehingga sekaligus direkomendasikan sebagai tempat kunjungan wisata religi.

Berikut ini tiga wisata religi atau mesjid yang menjadi Andalah beberapa daerah kabupeten di Kepulauan Riau

Masjid Agung An-Nur

Berada di wilayah Kelurahan Kawal, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Masjid Raya An Nur memiliki arsitektur indah dan unik. Dilihat dari sisi bangunannya, masjid ini banyak mendapat pengaruh dari gaya arsitektur Melayu, Turki, Arab dan India. Selain warna pink yang mendominasi sebagian besar bangunan, terdapat pula aksen emas yang mempercantik keindahan masjid erupakan hasil dari adopsi interior khas Timur Tengah.

Selain dengan bangunan fisik yang unik, interior yang ada di dalam bangunan masjid tersebut juga masjid yang kerap disebut dengan Masjid Pink ini memiliki satu kubah besar diatasnya, serta beberapa kubah kecil disekitar kubah utama. Untuk berkunjung ke masjid nan cantik ini, Sobat Pesona harus menempuh jarak sekitar 24 kilometer dari Tanjung Pinang dengan waktu perjalanan sekitar 40 menit saja.

Baca Juga :   Daftar Cuti Bersama 2019

Masjid Agung Natuna

foto: pesonatravel


Selain menjadi masjid terbesar dan dan termegah di Provinsi Kepulauan Riau yang terletak di Kabupaten Natuna, Masjid Masjid Agung Natuna juga digadang-gadang sebagai Taj Mahal-nya Indonesia. Sebab, selain terdapat sungai yang mengapit dua jalan lebar menuju ke dalam masjid, persis seperti desain Taj Mahal di India, kemegahan masjid ini juga telah tampak dari bangunan utamanya.

Bangunan utama masjid terdiri atas satu kubah besar, enam kubah kecil, dan dilengkapi 20 pintu. Di keempat penjuru masjid juga terdapat empat menara setinggi 17 meter yang merepresentasikan 17 rakaat salat dalam lima waktu. Selain Taj Mahal, nilai-nilai arsitektur juga dicuplik dari masjid lain di dunia, yang umumnya menonjolkan nilai-nilai arsitektur khas Timur Tengah.

Baca Juga :   Airy Room Berhenti Beroperasi, Bagaimana dengan OYO dan Reddoorz?

Masjid Biru

foto: travelingyuk


Di Pulau Dompak, provinsi Kepri, ada sebuah Masjid yang di kenal dengan beberapa sebutan yaitu Masjid Raya Kepulauan Riau, Masjid Dompak, dan Masjid Biru. Salah satu daya tarik di pulau ini adalah Masjid Raya Kepulauan Riau ini. Bangunan masjid yang begitu megah dan design nya yang indah membuat wisatawan yang datang ke Tanjung Pinang sayang untuk tidak singgah di masjid ini.

Masjid ini terletak di dataran yang paling tinggi di pulau Dompak, sehingga bisa terlihat dari kejauhan, dan jika kita berada di daerah masjid kita bisa melihat sebagian kota tanjung pinang. Selain memiliki interior kubah yang begitu indah, masjid ini juga dilengkapi dengan karpet tebal indah, serta mimbar dan tempat imam di masjid yang didesain begitu megah.

sumber: pesonaindonesia