pelantar.id – Tim Nasional Indonesia U-19 akan  melakoni laga perdana di Piala AFC U-19 tahun 2018 melawan Chinese Taipei. Pertandingan  akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (18/10) pukul 19.00 malam ini.

Dua tim yang belum pernah saling berhadapan ini menginginkan hasil terbaik dalam laga pertama agar bisa melanjutkan Piala AFC U-19 dengan harapan yang lebih baik. Bicara pertemuan di antara kedua tim, Timnas Indonesia U-19 pernah satu kali bertemu Chinese Taipei dalam kualifikasi Piala AFC U-19 tahun 2010. Saat itu Indonesia menang 6-0. Namun, kini kedua tim tentu sudah berbeda.

“Chinese Taipei yang kami tahu memiliki karakter seperti China yang merupakan pekerja keras. Mereka selalu tampil habis-habisan dalam setiap pertandingan. Namun, yang terpenting adalah bagaimana kami bersiap untuk menghadapi mereka,” ujar Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri.

Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri

Satu keuntungan yang dimiliki Tim Garuda Nusantara adalah Chinese Taipei datang ke Jakarta tanpa persiapan apa pun. Sang pelatih, Vom Ca Nhum, menyebut situasi persepakbolaan di negaranya dalam masa sulit sehingga berdampak kepada persiapan mereka. Chinese Taipei tak melakukan uji coba internasional menjelang ajang ini.

Baca Juga :   Timnas U-19 vs Jepang U-19, Saatnya ke Piala Dunia

Namun, Vom Ca Nhum juga menegaskan bahwa timnya datang dengan motivasi besar setelah 44 tahun tak pernah bermain di Piala AFC U-19.

“Kami sangat senang bisa berada di sini karena setelah 44 tahun kami akhirnya bisa bermain di Piala AFC U-19. Kami tengah dalam masa sulit dalam persiapan karena masalah di federasi. Namun, dalam sepak bola semua bisa terjadi dan saya berharap semua pemian tampil bagus,” ujar Vom Ca Nhum.

Baca Juga : Dua Pemain Timnas U-16 Masuk 8 Talenta Terbaik Asia Tenggara

Dengan kondisi lawan yang seperti itu, Timnas Indonesia U-19 tentu harus bisa memanfaatkannya dan meraih kemenangan pada laga pertama. Indra Sjafri juga berharap pendukung Indonesia yang terkenal luar biasa dalam memberikan dukungan terhadap timnas,  bisa datang ke stadion dan memperlihatkan atmosfer bagus.

“Saya berharap banyak suporter Indonesia akan datang mendukung tim mereka karena itu sangat jarang dirasakan oleh kami di Chinese Taipei. Bahkan dengan 100 orang yang datang saja sudah beruntung. Ini akan menjadi pengalaman yang bagus bagi kami dan tentu kami berjanji akan memperlihatkan sepak bola yang menarik,” kata dia.

Baca Juga :   Mengapa Es Krim Viennetta Ramai Dicari?

Komposisi terbaik yang selama ini menjadi andalan Indra Sjafri pun akan tampil dalam pertandingan pertama Timnas Indonesia U-19 di Piala AFC U-19 tahun ini. Egy Maulana Vikri yang baru bergabung dalam 10 hari terakhir juga akan mendapatkan kesempatan menjadi starter dalam laga pertama ini demi mengejar tiga poin maksimal.

Kemenangan akan memberikan jalan yang lebih mudah bagi Indonesia untuk bisa lolos ke fase selanjutnya mengingat dua lawan cukup kuat menunggu di dua laga terakhir Grup A, yaitu Qatar dan Uni Emirat Arab.

Berikut perkiraan susunan pemain yang akan turun berlaga nanti malam:

Indonesia U-19 (4-3-3): 
Muhammad Riyandi (kiper); Asnawi Mangkualam, Nurhidayat Haji Haris, Rachmat Irianto, Firza Andika (belakang); Syahrian Abimanyu, Muhammad Luthfi Kamal Baharsyah, Witan Sulaiman (tengah); Saddil Ramdani, Rafli Mursalim, Egy Maulana Vikri (depan)

Pelatih: Indra Sjafri

Chinese Taipei U-19 (4-4-2):
Lai Po-lun (kiper); Hou Pin-i, Huang Hsiang-che, Lin Wei-chieh, Karl Josefsson (belakang); Will Donkin, Lan Hao-yu, Wu Yen-shu, Huang Jyun-wun (tengah); Wang Chung-yu, Chen Po-yu (depan)

Pelatih: Vom Ca Nhum

Sumber : Bola.net