pelantar.id – Timnas Indonesia U-19 akan melakoni laga super penting nanti malam, melawan Jepang U-19 di babak perempat final Piala Asia U-19. Pertandingan yang akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (28/10) mulai pukul 19.00 WIB ini menjadi momentum bagi Indonesia mencetak sejarah, lolos ke piala dunia.

Lolosnya Timnas U-19 Indonesia ke perempat final Piala AFC U-19 2018, bisa dibilang sebuah kejutan besar. Bagaimana tidak? Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan berada di Grup A bersama tim kuat, macam Qatar dan Uni Emirat Arab.

Dengan penampilan ngotot nan apik, serta disokong dukungan suporter, Garuda Nusantara berhasil mengepakkan sayapnya dan menembus rintangan yang ada. Kini, selangkah lagi Indonesia bisa mencetak sejarah, menapakkan kakinya ke event Piala Dunia U-19 di Polandia. Syaratnya tentu tak mudah, harus bisa mengalahkan Jepang.

Pertandingan nanti malam dijamin bakal menguras pikiran dan tenaga pelatih Indra Sjafri dan anak-anak asuhnya. Berat, itu pasti. Sebagai lawan, Jepang sudah dikenal sebagai raksasa sepakbola di kawasan Asia. Baik tim senior maupun junior mereka adalah pelanggan tetap piala dunia.

Baca Juga : 

Baca Juga :   Timnas U-19 vs Qatar, Waspadai Amukan Lawan

Tapi dalam sepakbola, tak ada yang mustahil. Semangat itulah yang terus ditekankan Indra Sjafri kepada Witan dan kawan-kawan. Bahwa Indonesia juga mampu mengalahkan Jepang, sebagaimana dulu Indonesia pernah menundukkan macan sepakbola Asia lainnya, Korea Selatan di masa Evan Dimas cs pada 2013 silam.

Berbekal pengalaman itu, ditambah kemenangan fantastis saat melawan Uni Emirat Arab di laga pamungkas Grup A, Indra Sjafri terus memompa semangat pada anak asuhnya. Ia menegaskan, para pemain Indonesia layak disejajarkan dengan tim-tim kuat Asia lainnya.

Indra juga mengaku sudah mengantongi informasi tentang kekuatan sekaligus Tim Samurai Biru. Ia memastikan, tidak akan fokus pada satu atau dua pemain lawan.

“Mereka kuat di semua lini. Salah jika kita hanya fokus pada satu atau dua pemain. Ada 11 pemain Jepang, dan semuanya berkualitas, itu yang akan kita imbangi,” ujarnya dikutip dari situs PSSI.

Sama seperti Indra, pelatih Jepang U-19, Masanaga Kageyama juga tak mau memandang remeh Timnas Indonesia U-19. Ia tak ingin timnya kehilangan muka. Apalagi status mereka pada ajang ini adalah sebagai juara bertahan.

Menurutnya, Indonesia punya pola permainan yang cukup rapi. Hal itu didukung pula dengan semangat tinggi mengingat Indonesia tampil di hadapan pendukung fanatiknya.

Baca Juga :   Timnas U-19 vs Chinese Taipei, Ujian Pertama Garuda Muda di Piala AFC 2018

Tentu saja, hal itu tak akan membuat Jepang gentar. Apalagi Jepang pernah menghancurkan Timnas U-19 dengan skor telak 4-1 pada laga pemanasan jelang AFC U-19 2018.

Timnas U-19 Jepang

Pertandingan melawan Indonesia memang dipandang penting bagi Kageyama. Selain untuk memuluskan jalan Jepang ke Piala Dunia U-19 di Polandia, juga untuk mempertahankan gelar.

Karena itu, di laga terakhir penyisihan grup melawan Irak ia menyimpan sejumlah pemain inti. Melawan Indonesia, ia memastikan Jepang akan tampil dengan skuat terbaiknya.

Kageyama mengaku sangat menantikan timnya bersua dengan Indonesia. Ia ingin anak asuhnya merasakan atmosfer berbeda.

“Pendukung Indonesia sangat fantastis. Kami akan menghadapi tekanan besar bukan hanya dari pemain tapi juga suporter tuan rumah.

“Kami harus menikmati bermain sepakbola dalam atmosfer seperti ini, jika ingin menang,” katanya.

Prakiraan Pemain

Indonesia U-19 (4-2-3-1)
Muhammad Riyandi; Rachmat Irianto, Indra Mustafa, Asnawi Mangkualam, Firza Andika; Luthfi Kamal, Syahrian Abimanyu, Todd Rivaldo Ferre; Witan Sulaeman, Saddil Ramdani, Hanis Saghara
Pelatih : Indra Sjafri

Jepang U-19 (4-4-2)
Kosei Tani; Shunki Higashi, Ayumu Seko, Daiki Hashioka, Yukinari Sugawara; Koki Saito, Hiroki Ito, Kanya Fujimoto, Yuta Goke; Kyosuke Tagawa, Takefusa Kubo
Pelatih: Masanaga Kageyama

 

 

Editor : Yuri B Trisna