pelantar.id – Kita tentu pernah dihadapkan saat-saat mendadak ingin pergi liburan. Kalau sudah begitu, tak jarang ada saja barang maupun hal lain yang kelupaan atau tertinggal.

Yang perlu diingat, meski kesannya mendadak, tetap saja kamu harus melakukan sejumlah hal penting sebelum berangkat. Nah, jika acara liburan kamu ingin tetap asyik dan menyenangkan walau pergi liburannya mendadak, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

Pilih yang Mudah Dijangkau

Karena liburan kali ini sifatnya mendadak, maka kamu harus pintar-pintar memilih daerah atau lokasi tujuan. Sebaiknya, pilih destinasi yang paling mudah dijangkau.

Mudah dijangkau maksudnya, jika kamu bepergian dengan kendaraan baik itu kendaraan pribadi maupun umum, carilah destinasi yang memiliki akses langsung dari tempat tinggal ke tempat tujuan. Ini akan menghemat waktu kamu, dan membuat perjalanan menjadi lebih cepat dan nyaman.

Yang pentingnya lagi, sebelum menentukan lokasi liburan, kamu sebaiknya sudah mengantongi informasi tentang daerah tersebut. Kamu bisa mencarinya dengan cepat di internet.

Baca Juga :   Mie Tarempa, Masakan Otentik dari Kepri

Informasi penting yang harus kamu punya di antaranya, waktu perjalanan, prakiraan cuaca, akomodasi hingga ada atau tidak sinyal telekomunikasi. Dengan demikian, kamu bisa menjadi lebih tenang dalam perjalanan menuju lokasi.

Bawa Barang Seperlunya

Sebelum berangkat, pastikan kamu sudah mengetahui barang-barang apa saja yang akan dibawa. Sesuaikan dengan kebutuhan selama liburan. Barang-barang utama jangan sampai terlupa seperti pakaian, dompet, telepon seluler, dan obat-obatan serta keperluan paling pribadi.

Kamu harus pandai memilih agar tas tidak menjadi berat dan menjadi beban selama perjalanan. Ingat, karena liburan ini mendadak, kamu pun dituntut untuk cepat bertindak dan mengambil keputusan barang apa saja yang wajib dan perlu dibawa.

Siapkan Mental

Kalau sudah memutuskan berangkat walau mendadak, itu artinya kamu sudah siap mental. Namanya liburan tanpa persiapan, bisa saja bakal ada kejadian yang tak terduga.

Kemungkinan besar, ada barang yang paling kamu butuhnya ternyata tertinggal di rumah. Atau, kamu kemungkinan tidak mendapatkan tempat menginap, dan lainnya.

Jika itu terjadi, kamu tak perlu panik atau buru-buru memutuskan pulang. Itu bukan sesuatu yang buruk. Justeru, bisa saja itu menjadi pengalaman seru yang akan menjadi kenangan tak terlupa.

Baca Juga :   Dark Tourism, Tawaran Wisata Anti Maenstrem

Solusinya, kamu bisa menghubungi teman atau kenalan lain yang tinggal di sekitar destinasi tersebut. Atau, segera menjalin hubungan dengan traveler lain yang ditemui di lokasi.

Umumnya, sesama traveler memiliki ikatan emosional yang bagus. Sesama traveler akan saling membantu.

Informasikan Orang Lain

Yang paling utama saat ingin liburan mendadak adalah, kamu jangan terlalu banyak pertimbangan. Kalau sudah memutuskan ingin berangkat, segeralah berangkat. Segala sesuatunya bisa dipikir selama di perjalanan.

Satu hal yang pantang dilupakan adalah, kamu harus menginformasikan keberangkatan kepada orang lain. Bisa kepada orangtua, saudara maupun teman. Ini penting sebagai tindakan berjaga-jaga jika ada kejadian tak terduga.

Dan sekembalinya dari liburan, segera hubungi mereka lagi. Beritahu kalau kamu sudah pulang dengan selamat, dan siap menceritakan perjalanan seru kamu kepada mereka.

*****

Editor : Yuri B Trisna