Pelantar.id – Terkadang begadang menjadi aktivitas yang terkadang tak bisa ditinggalkan bagi orang-orang yang kehabisan waktu untuk mengerjakan pekerjaan. Hingga waktu istirahat pun dikorbankan.

Namun, ada kalanya di saat kerja sedang banyak-banyaknya, kantuk tidak dapat dihindari. Biasa untuk mengurangi kantuk Anda pastinya akan mengkonsumsi kopi. Bagaimana jika Anda bukan penikmat kopi?

Selain kopi sebenarnya masih banyak makan lainnya yang bisa mengurangi kantuk bahkan Anda pun bisa mengkonsumsi buah-buah. Apa saja bahan makanan yang bisa dikonsumsi untuk menghilangkan kantuk selain kopi?

Dilansir dari merdeka.com, Minggu, 25 November 2018, berikut makanan dan minuman yang bisa menahan Anda tetap terjaga.

Air Putih

Salah satu alasan penyebab ngantuk adalah karena tubuh kekurangan cairan. Untuk itu, harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan cara banyak minum air putih.

Baca Juga :   Mengenal Zine Sebagai Counter Culture dan Sarana Kebebasan Berekspresi

Minum air putih dalam jumlah yang banyak setiap hari akan membantu detak jantung bekerja secara optimal, mengatasi kekurangan cairan, dan juga mampu memperlancar aliran darah.

Teh

Teh mengandung kafein dan nikotin. Tetapi, Anda harus minum teh tanpa gula untuk tetap bisa terjaga semalaman.

Pisang

Pisang adalah makanan terbaik untuk Anda, bila Anda ingin tetap terjaga semalaman. Pisang memberikan energi instan untuk bekerja di malam hari.

Tomat

Tomat memiliki banyak kandungan Vitamin C. Nutrisi ini dapat memberikan tubuh Anda banyak energi dan membantu Anda memerangi kantuk.

Apel

Apel kaya akan zat besi sehingga ampuh untuk memerangi kantuk. Apel membantu tubuh Anda menciptakan lebih banyak sel darah merah yang membawa oksigen sehingga dapat meningkatkan kapasitas darah Anda yang dapat membuat Anda tahan dari kantuk.

Baca Juga :   Jurus OJK Dorong Perekonomian Nasional

Alpukat

Alpukat yang tidak manis sangat ideal untuk membuat tubuh Anda tetap terjaga dan segar ketika begadang. Alpukat juga memiliki kandungan gula yang sangat sedikit.

Yogurt
Kandungan gula alami dan protein yang dimiliki oleh yogurt bisa membuat tubuh lebih segar. Yogurt tak hanya melawan rasa ngantuk, yogurt juga sangat baik untuk pencernaan.

===========
dari berbagai sumber