pelantar.id – Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam Adisthy menyatakan, menjelang datangnya bulan Ramadhan, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Batam akan menggelar pasar murah di sembilan lokasi di Batam, selama lima hari dimulai pada Jumat (11/5) hingga Selasa (15/5).

Menurut Adisthy, komoditas yang akan dijual pada pasar murah itu antara lain beras, daging, gula, bawang, telur, cabai, kentang, sayuran, ikan, minuman, mentega, minyak goreng, susu, tepung, dan ketupat instan.

Adisthy tidak menjelaskan secara detail harga yang ditawarkan di pasar murah itu, namun menjamin harga barang yang ditawargan pasar murah TPID 2018 ini jauh dari harga di pasaran.

“Kita akan mulai menjelang puasa ini, kita sudah siapkan lokasinya, nanti masyarakat bisa datang langsung,” kata Adisty melalui pesan singkat, Kamis (10/5).

Dari sembilan lokasi tersebut, Kecamatan Galang, Bulang, dan Belakangpadang, tidak masuk dalam wilayah operasi pasar murah kali ini. Perhitungan jarak menjadi pertimbangan utama, karena lokasi ketiga kecamatan ini berada di pesisir, dan harus menggunakan kapal untuk sampai ke lokasi.

Baca Juga :   Ma'ruf Amin Datang ke Batam, Gelar Dialog dan Orasi Kebangsaan

Pada hari pertama, rencananya akan digelar di wilayah Kecamatan Bengkong, tepatnya di sebelah Kantor Kecamatan Bengkong mulai pukul 06.30 WIB. Selanjutnya di hari yang sama pada pukul 14.00 WIB, tim akan bergeser menggelar pasar murah di Kecamatan Batuampar. Dengan lokasi pasar berada di Palem Raya, Batuampar.

Hari kedua atau pada Sabtu (12/5) pasar akan dibuka di Kecamatan Sagulung, tepatnya di depan Kantor Kecamatan Sagulung pada pukul 06.30 WIB. Selanjutnya pindah ke Kampung Dalam, Baloi Indah, Kecamatan Lubukbaja, pada pukul 14.00 WIB di hari yang sama.

Pada Minggu (13/5) pasar TPID 2018 akan menggelar operasi di kawasan Fanindo, Kecamatan Batuaji, pada pukul 06.30 WIB. Siangnya, pada pukul 14.00 WIB, tim bergeser menuju Lapangan Usman Harun, Sungai Pancur, Kecamatan Sungai Beduk untuk melanjutkan operasi pasar murah.

Baca Juga :   BPS Kepri Catat Jumlah Penumpang Jalur Udara dan Laut Menurun hingga 50 Persen

Pada Senin (14/5) tim akan mengadakan di Lapangan Sepakbola Baloi Permai, Kecamatan Batam Kota pada pukul 06.30 WIB. Dan bergeser menuju Kecamatan Nongsa pada pukul 14.00 WIB, menggelar pasar murah di Lapangan Sepakbola RW 19 Kavling Senjulung, Kabil.

Terakhir pada Selasa (15/5) tim TPID akan menggelar pasar murah di samping gedung olahraga (GOR) Tiban Indah di Kecamatan Sekupang, Batam.

“Masyarakat yang berada di wilayah yang akan diadakan pasar murah bisa bersiap untuk datang sesuai dengan jadwal yang dilaksanakan di daerahnya masing-masing,” kata Adisthy lagi.

Lebih jauh, Adsythy menjelaskan bahwa operasi pasar murah TPID 2018 selama lima hari di sembilan kecamatan ini merupakan tahap pertama dari upaya pengendalian inflasi. Akan ada kegiatan lain pada tahan berikutnya, menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat

Joko Sulistyo