Pelantar.id – Pulau Bintan termasuk primadonanya Kepri. Pulau yang berbatasan dengan ibu kota Provinsi Kepulauan Riau, Tanjungpinang ini akan memanjakan pengunjung dengan sederetan pantai-pantai berpasir putih.

Laut pulau Bintan juga menawarkan perairan berwarna toska. Di beberapa pantai dapat ditemui pantai-pantai yang dihiasi batu granit.

Perpaduan tersebut membuat pantai-pantai di sepanjang pesisir Pulau Bintan menjadi eksotis. Ada sejumlah pantai yang familiar yang direkomendasikan di Bintan.

Di antaranya adalah Pantai Trikora. Asal nama Trikora ada dua versi. Ada yang menyebut, nama Trikora berasal dari kata ‘three corral’ yang diberikan oleh wisatawan asing. Sebutan Three corral akhirnya disesuaikan dengan lidah masyarakat lokal hingga menjadi Trikora.

Baca Juga :   Rupiah Mata Uang Paling Bergairah di Dunia

Untuk versi kedua, berhubungan dengan Tri Komando Rakyat. Pada zaman pemerintahan Soekarno, pantai ini menjadi basis pertahanan wilayah terluar Indonesia.

Pantai Trikora cukup panjang sehingga diberi nama berurutan, Pantai Trikora 1 hingga Pantai Trikora 4. Dari pusat Kota Tanjung Pinang, pantai ini berjarak sekitar 45 Km. Panjang pantai ini mencapai 25 Km.

Spot memantai terbentang dari Pantai Trikora 1 hingga ke Trikora 4. Tinggal pilih tempat sesuai view yang pas untuk bersantai. Diantara pantai yang bisa direkomendasikan seperti Pantai Trikora 3 hingga Trikora 4 patut dicoba.

Di bagian awal Pantai Trikora, pengunjung tidak akan menemukan hotel atau akomodasi sejenisnya. Namun jika berkunjung ke Trikora 3 dan Trikora 4, barulah terlihat fasilitas bagi wisatawan. Tidak sulit menemukan hotel di sekitar daerah tersebut.

Baca Juga :   One Million Yen Girl: Tentang Hidup yang Tak Semanis Gula

eliza gusmeri