Penulis: H.M Chaniago

Pelantar.Id – Tujuh orang pemuda asal Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dilepas untuk menjelajahi negeri di 34 provinsi di Indonesia, Rabu, 11 September 2019.

Mereka sebagian berasal dari pekerja media, yaitu Agus bagjana (Pos Metro)Nia Novianti (Batam TV), Bobi Bani (Exs Kontributor Jawa Pos & Bisnis Indonesia), M Fahmi, Ruvi Novri R, Pipin Meriana dan Junaidi Abdilah.

Keberangkatan mereka merupakan program resmi dari Kepolisian Republik Indonesia dalam program bernama Tim Jelajah Negeri Sahabat Polri (JNSP), Selasa (10/9/2019).

Dengan mengucapkan bismillah, pelepasan ke-7 pemuda ini langsung dipimpin oleh Kapolda Kepri, Irjen Pol Andap Budhi Revianto, bersama Sekda Pemerintah Kota Batam dan perwakilan dari pihak TNI.

“Dengan ini Tim Jelajah Negeri Sahabat Polri resmi saya lepas ke 34 Provinsi yang ada di Indonesia,” ujar Andap kepada tim JNSP di halaman Mapolda Kepri.

Baca Juga :   Mengenal Istilah Unicorn, Decacorn dan Hectacorn

Keberangkatan Tim JNSP ini merupakan langkah luar biasa dan sangat ia apresiasi serta support, karena belum pernah diadakan sebelumnya. Banyak hal nantinya yang akan didapatkan oleh ke-7 orang tersebut seperti melihat keindahan alam setiap provinsi, budaya dan adat istiadat lainnya.

Tak hanya itu, mereka juga alan diajak melihat segenap aktifitas TNI-Polri di tiap daerah yang dijumpai.

“Pesan saya, tetap jalin komunikasi dengan kami, kita lepas dengan hati, kita lepas dengan doa,” terang Andap.

Sementara itu, dalam perjalannya mengharungi belantara nusantara, Tim JNSP ini diketuai oleh Agus Begjana, seorang jurnalis foto dari media Postmetro Batam. Agus menyampai ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya akan dukungan yang telah diberikan, terutama kepada Polda Kepri, karena telah mempercayakan program ini secara langsung kepadanya.

Baca Juga :   Warga Batuaji Temukan Mayat Bayi di Tempat Bakar Sampah

“Program ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian kepada NKRI. Ini bentuk kecintaan kepada kepada Indonesia, maka dari itulah kami akan semangat untuk mengeksplor setiap daerah dengan keberagaman yang ada, baik budaya, tradisi, adat, suku, kultur dan potensi wisata yang menjadi kekayaan Indonesia,” terang Agus.

Bagi Agus, keberanian ia dan timnya untuk memimpin ekspedisi ini tak lain dan tak hanya untuk menujukkan kepada warga Kepri bahwa Indonesia aman dan indah. “Sebagai masyarakat, kami peduli dengan keamanan dan memahami tugas kepolisian dalam menjaga keamanan dalam negeri. Direncanakan, perjalanan akan berakhir di Papua, Mei 2020,” terangnya Agus.

Untuk diketahui, pengembaraan Tim JNSP menuju belantara nusantara sebanyak 34 provinsi yakni selama 8 hingga 10 bulan perjalanan, menggunakan 2 kendaraan roda 4. Semua akan dimulai dari Sabang, DI Aceh dan berakhir Merauke, Papua.