pelantar.id – Setiap orang, kemungkinan besar memiliki rumah makan langganan yang kerap didatangi, baik sendiri, bersama teman maupun keluarga. Begitu pula dengan para pemimpin negeri ini.

Sejak masa mantan Presiden Soekarno hingga Joko Widodo (Jokowi), para Presiden Indonesia ternyata juga suka kulineran. Ini terbukti dari beberapa rumah makan yang jadi langganan mereka.

Presiden pertama Indonesia, Soekarno ternyata hobi makan makanan China. Lain lagi Presiden Habibie yang doyan masakan Padang atau Jokowi yang ketagihan soto dan ayam goreng kampung. 

Berikut beberapa rumah makan langganan para Presiden Indonesia. Kamu bisa mencoba mampir untuk merasakan kelezatan makanan yang mampu bikin para kepala negara itu ketagihan.

  1. Soekarno, Cahaya Kota
Mie goreng. (Devi S Lestari/Detikfood)

Restoran legendaris ini jadi langganan Presiden Soekarno. Ada mie goreng dan ayam goreng mentega enak berporsi royal di sini. Sedap! 

Restoran yang satu ini amat tersohor di wilayah Menteng. Bisa dibilang, Cahaya Kota yang berada tak jauh dari Stasiun Gondangdia ini jadi salah satu restoran China legendaris di Jakarta Pusat.

Baca Juga :   Per September, Facebook, Tiktok, Disney dan Amazon Bayar Pajak di Indonesia

Kabarnya, dahulu Presiden Soekarno sering membeli mie goreng dan ayam goreng mentega di sana.

2. Soeharto, Bakso Gerobak Cendana

Bakso Cendana (Detikfood)

Mantan presiden Soeharto juga punya tempat makan andalan, salah satunya bakso Cendana. Jangan bayangkan restoran besar dengan tempat duduk nyaman, bakso langganan Soeharto ini adalah bakso gerobakan. 

Pemilik bakso Cendana, Pak Andi mengatakan sering mendapat pesanan bakso dari keluarga Soeharto. Dahulu anak-anak Soeharto biasa langsung membeli bakso di sini baik untuk dimakan sendiri maupun untuk suguhan acara.

Pak Andi bahkan tahu selera Pak Harto yakni bakso dengan bihun. 

3. BJ Habibie, RM Sari Bundo

RM Sari Bundo (Detikfood)

Rumah makan Padang ini salah satu saksi bisu kalau Habibie sering mampir untuk bersantap di sini. Rumah makan yang ada di bilangan Gambir ini punya menu ayam goreng yang bikin Habibie ketagihan. 

Baca Juga :   Batam Masih Bebas Rabies

Saking sukanya dengan ayam goreng khas Padang di resto ini, Habibie pernah menyantap beberapa potong ayam sekaligus saat makan siang. 

4. Gus Dur, Gado-Gado Direksi 

Gado-Gado Direksi (Detikfood)

Warung gado-gado ini punya racikan bumbu mantap yang bikin Gus Dur tak mau berpaling. Berlokasi di kawasan Kota, warung gado-gado ini sudah ada sejak tahun 1967. 

Sayuran segar dan bumbu kental yang gurih membuat gado-gado ini makin digemari Gus Dur. Tapi meskipun sudah jadi langganan orang-orang penting, gado-gado ini masih dibanderol dengan harga yang terjangkau. 

5. Megawati, Bakmie Pak Haji Minto

Bakmie Jawa (Detikfood)

Bakmie Jawa jadi salah satu santapan faavorit Megawati. Warung langganan Megawati adalah bakmi Pak Haji Minto yang ada di dekat stasiun Gondangdia. 

Bakmie Jawa ini sudah ada sejak 1964 dan menunya tak hanya bakmie saja tapi ada nasi goreng hingga tongseng. Selain Megawati, bakmi ini juga jadi kesukaan Presiden Soeharto. 

Baca Juga :   Syarat Pendaftaran SNMPTN 2019

6. SBY, Bakso Sokowati

Bakso Sokowati (Detikfood)

Warung bakso ini ada di kawasan Cikeas dan sudah lama terkenal sebagai bakso langganan keluarga SBY. Bakso khas Sragen ini sudah berjualan sejak tahun 1994. 

Bakso di warung ini tak punya banyak pilihan menu, hanya ada seporsi bakso dengan mie kuning dan bihun. SBY kerap memesan bakso ini sebagai hidangan untuk acara keluarga hingga acara kenegaraan. 

7. Jokowi, Ayam Kampung Mbah Karto

Ayam goreng kampung (Detikfood)

Jokowi dan keluarga terbilang sering menghabiskan waktu untuk makan di luar. Salah satu rumah makan langganannya adalah Ayam Kampung Mbah Karto. 

Warung ini ada di Sukoharjo, Jawa Tengah dan sudah eksis sejak 1960-an. Sajian utamanya adalah ayam goreng kampung yang disajikan dengan sambal blondho.

*****

Sumber: Detik.com

Foto utama: Presiden Jokowi dan mantan Presiden Megawati makan soto bareng di Solo. (Tempo)