Menjaga kesehatan saat bulan puasa memang sangat penting. Kita harus memperhatikan asupan makanan saat sahur dan berbuka puasa. Berikut tiga kebiasaan yang sering kita lakukan di kala berbuka puasa. Kebiasaan ini, meski terasa enak, namun kurang bagus untuk kesehatan Anda, karena itu sebaiknya diubah.

1. Makan dan Minum dengan Terburu-buru.

Kebiasaan ini harus diubah dan disesuaikan. Makan terlalu cepat dengan mengonsumsi makanan yang tidak memenuhi keperluan tubuh, dapat membebani sistem pencernaan. Berbukalah dengan perlahan-lahan dan satu demi satu agar pencernaan tidak mengalami tekanan.

Kenali berbagai penyesuaian yang dialami oleh tubuh saat menjalankan puasa. Terdapat penghentian enzim pencernaan yang biasanya diproduksi. Terjadi pengurangan signifikan akan kadar produksi enzim ini. Karena itu, penting bagi pelaku puasa untuk mengonsumsi makanan secara perlahan saat berbuka, agar tubuh memperoleh cukup waktu untuk memproses kembali produksi enzim.

Baca Juga :   Ekonomi Kepri 2018 Tumbuh Positif

2. Minum Kopi dan Makan Makanan Pedas

Mulailah dari makanan maupun minuman yang paling sederhana dan mudah dicerna untuk membantu proses produksi lendir pelindung dalam perut. Hindari makan makanan yang sifatnya dapat mengiritasi sistem pencernaan, seperti kopi dan makanan pedas.

3. Porsi Makanan Besar

Berbagai perubahan biologis yang terjadi di dalam tubuh selama berpuasa mengharuskan adanya kontrol saat berbuka agar tidak langsung banyak makan. Terlalu banyak makan segera sesudah berbuka puasa, dapat mengganggu proses tubuh kembali ke kondisi normal pencernaan. Akibatnya, perut dapat mengalami kram, rasa mual dan muntah.

Sudah tahu kan kesalahan yang sering kita lakukan saat berbuka puasa? Nah, untuk menggantinya, berikut ini berbagai jenis makanan dan minuman yang sebaiknya kita konsumsi pada saat berbuka puasa, yaitu:

Baca Juga :   WhatsApp Tak Lagi Beroperasi di IPhone Tipe Berikut

1.Jus buah.
2.Buah utuh.
3.Jus sayuran.
4.Kaldu sayuran
5.Yogurt, serta jenis produk susu terkulturisasi lainnya yang tidak ditambahi pemanis buatan.
6.Sayuran selada dan bayam. Tambahkan saus yogurt yang ditaburi lagi dengan buah untuk nutrisi maksimal dan penambah rasa alami.
7.Sayuran mentah.
8.Biji-bijian gandum dan kacang-kacangan yang sudah dimasak hingga matang.
9.Kacang-kacangan dan telur.
10.Produk susu biasa.
11.Daging dan masih banyak lainnya.

Mengonsumsi buah yang tidak diolah atau dimasak dalam bentuk apapun merupakan jenis makanan buka puasa yang paling mudah. Selain itu, berbagai makanan yang sudah disebutkan ini juga dapat membantu mengembalikan produksi berbagai jenis enzim yang diperlukan pencernaan.

Editor: Yuri B Trisna
Dari Berbagai Sumber

Baca Juga :   Program Batam Kota Gas Dilanjutkan