Pelantar – Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, meminta masyarakat untuk ikut andil untuk mengurangi limbah sampah di Kota Batam

Ia mengatakan, dengan kesadaran bersama setidaknya semua pihak mempunyai keinginan untuk menyelamatkan bumi dari sampah.

“Kepedulian ini harus senantiasa ditingkatkan dan disosialisasikan demi menumbuhkan kesadaran bersama,” ujarnya pada Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Tingkat Kota Batam di Belakang Padang, Sabtu (12/3/2022).

Mengelola sampah lanjutnya, tidak cukup dilakukan oleh instansi pemerintah saja. Karena itu perlu peran serta semua pihak dan diambil langkah-langkah yang tepat untuk mengurangi sampah di Kota Batam

“Sudah ada gerakan-gerakan untuk memanfaatkan sampah, bagaimana sampah mampu didaur ulang sehingga menghasilkan nilai ekonomis,” ujar Amsakar.

Baca Juga :   Ini Cara Cek Ketersediaan Tempat Tidur Rumah Sakit di Batam¬†

Ia mengatakan, beberapa pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sudah mampu menjadikan sampah plastik menjadi tas, topi, dan beberapa produk UMKM lainnya.

“Langkah ini efektif untuk menjadikan sampah menjadi barang berharga. Langkah ini juga sekaligus meminimalisir tumpukan-tumpukan sampah,” kata Amsakar.

Di momentum Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional kata dia, hendaknya dijadikan momen menumbuhkan kesadaran bersama menanggulangi persoalan sampah.

“Mari selamatkan bumi kita, jangan buah sampah sembarangan,” pesan Amsakar.