Pelantar.id – Jangan selalu terpukau dengan trailer film yang banyak ditunggu penonton atau film-film yang sedang booming.

Hal itu akan membuat Anda melewatkan film-film tak populer atau tidak terlalu promosi padahal berkualitas. Apalagi menjelang akhir tahun banyak film-film Box Office yang menjadi pilihan.

Adalah Widows, film yang tayang minggu ini menjelang Aquaman memonopoli jadwal film di bioskop. Jika Anda adalah tipikal orang yang membaca review film terlebih dulu maka Anda akan beralih menonton film ini.

Widows adalah film yang diangkat dari serial aslinya Widows yang rilis tahun 1983 yang diproduksi di Inggris. Untuk versi sekarang film ini terbilang bagus dan dipertegas dengan rating IMDB 7,4/10.

Sementara Rotten Tomatoes memberi skor 90 persen untuk Widows di kanal Top Box Office-nya.

Apa kelebihan film Widows? berikut beberapa point penting dalam film ini.

Tiga janda yang harus menanggung hutang suami

Secara umum film ini bercerita tentang upaya tiga janda yang harus menebus hutang para suami mereka dengan merampok rumah seorang calon legislatif.

Suami mereka sama-sama terbunuh dalam baku tembak dan pemboman oleh polisi karena bersengkongkol melakukan aksi perampokan.

Para perempuan ini adalah Veronica (Viola Davis), Alice (Elizabeth Debicki), Linda (Michelle Rodriguez).

Baca Juga :   Mi Note 10, Ponsel dengan 5 Kamera

Veronica sebagai kunci utama yang melibatkan Alice dan Linda. Berawal setelah suami Veronica Harry (Liam Neeson) meninggal. Harry adalah dalang perampokkan bersama teman-temannya, Carlos (Manuel Garcia-Rulfo) dan Florek (Jon Bernthal).

Sepeningal Harry, Veronica diteror Jamal Manning (Bryan Tyree Henry), politisi yang maju di pemilihan umum dewan kota South Side, Chicago. 

Ternyata Harry merampok  $ 2 juta dari Jamal Manning. Veronica diberi waktu sebulan untuk menebusnya, kalau tidak nyawa mereka menjadi taruhannya.

Veronica merencanakan perampokan untuk menebus hutang tersebut. Berbekal dari catatan kriminal Harry yang didapatnya dari supir pribadinya.

Mereka merencanakan perampokan dari petunjuk buku catatan Harry yang ternyata berlokasi di kediaman rumah Jack Mulligan (Colin Farrell). Mereka berhasil mendapatkan uang $ 5 juta.

Namun perjuangan itu tak mudah dilakukan karena mereka juga dihadapi dengan Daniel Kaluya yang memerankan Jatemme Mannings, adik dari Jamal. Dia juga berupaya mendapatkan uang tersebut.

Isu perempuan

Masing-masing perempuan ini memiliki masalah dalam kehidupan rumah tangganya.

Linda, ibu dua anak. Punya toko dan harus menelan pil pahit saat tokonya harus disita karena ulah almarhum suaminya yang gemar judi.

Baca Juga :   Cicip Langsung Ketam Mak Biah, Olahan Kepiting Khas Batam

Alice merupakan  korban kekerasan dari almarhum suaminya. Kemudian, Belle yang diperankan oleh Cynthia Erivo, seorang single mom yang bekerja di salon dan menjadi baby sitter untuk anak-anak Linda.

Film ini bercerita bagaimana perempuan bisa bangkit kembali hingga harus berani ambil resiko di luar kehidupan biasa mereka.

Isu ras

Film ini akan menggambarkan kampanye antara kubu kulit putih, Jack Mulligan melawan kulit hitam Jamal Mannings.

Steve McQueen sebagai sutradara berkolaborasi dengan Gillian Flynn sebagai penulis naskah berhasil meracik film yang tak hanya menyentuh orang kulit hitam namun para wanita di seluruh dunia.

Film ini juga memberikan cuplikan bagaimana polisi Amerika Serikat yang seenaknya menembak orang kulit hitam. Padahal tidak semua kulit hitam adalah kriminal.

Twist yang tak biasa

Gillian merupakan penulis naskah Gone Girl berhasil memberikan twist yang mencengangkan lewat film perampokan yang intens.

Widows membangun ketegangan dan rasa penasaran dengan perlahan. Akhir film ini pun di luar dugaan.

Bertabur bintang

Setidaknya film ini bertaburan aktor-aktor peraih piala dan nominasi Academy Awards. Aktor-aktor yang dihadirkan pun berkharakter kuat seperti Liam Neeson, Colin Farrell, Daniel Kaluuya. dan Robert Duvall