Penulis: H.M Chaniago

Alam melukis untuk kita, hari demi hari, memberikan keindahan yang tak terbatas – John Ruskin

Pelantar.id – Jika anda menyukai liburan bersuasana birunya laut dipadu landscape alam nan elok dipandang mata. Tak ada salahnya sesekali mencoba menjajal keindahan panorama laut dan daratan pinggir pantai Kepri Coral.

Kepri Coral adalah salah satu kawasan wisata yang berada di ujung jembatan Barelang. Persisnya di Pengalap Island yang juga merupakan satu kesatuan dari gugusan Pulau Abang dalam wilayah Kecamatan Galang, Batam, Kepulauan Riau.

Kepri Coral. Foto: HM. Chaniago/pelantar.id

Perlu diketahui Pulau Abang merupakan gugusan kepulauan yang terdiri dari lebih kurang 50 pulau, yang mana beberapa di antaranya ada yang berpenghuni, dan sebagian adalah pulau sepi penghuni.

Ragam keindahan landscape laut dan hijaunya daratan banyak terdapat di wilayah Pulau Abang. Salah satunya adalah Kepri Coral di Pulau Pengalap. Tak hanya memanjakan mata dengan biru lautnya, fasilitas yang ditawarkan juga beragam.

 

Fasilitas yang Ditawarkan Kepri Coral

Saat menyambangi wilayah Kepri Coral, Rabu (16/10) lalu, kawasan wisata ini memang didesain untuk orang-orang yang merindukan suasana liburan yang sangat begitu tenang. Namun tetap dengan cita-rasa perpaduan alam dan modernitas keseharian.

Di Kepri Coral terdapat sebuah restoran apung yang menyajikan ragam makanan dengan menu utama seafood. Restoran apung ini memiliki kapasitas kurang lebih untuk 700 orang.

Selain restoran apung, Kepri Coral juga dilengkapi dengan Undersea Aquarium. Meski tidak seperti Sea Aquarium Singapore, namun Undersea Aquarium ini cukup bisa memanjakan mata dengan keragaman terumbu karang dan ikan di sekitarnya.

Baca Juga :   Cara Penggunaan Sepatu Heels yang Nyaman dan Aman untuk Kaki

Undersea Aquarium ini layaknya Sea Aquarium di tempat lain, hanya saja dengan ukuran yang lebih kecil. Cukup untuk beberapa orang saja. Bentuknya seperti ruangan dengan kaca di kiri-kanan kita.

Hal lainnya di Kepri Coral terdapat juga wahana Snorkeling Area, Diving Facility dengan kondisi dasar laut yang masih terjaga kemurnian dan kelestariannya. Terdapat ragam jenis ikan, yang banyak di antaranya adalah Ikan Nemo atau ikan badut.

Jika anda bosan dengan lautan, Kepri Coral turut menyediakan kolam berenang air tawar yang cukup besar, dengan view panorama lautan serta nyiur melambai. Tak jauh dari kolam tersebut juga terdapat Club House yang menyediakan fasilitas karaoke dan ruang untuk sarapan atau sekadar makan malam untuk 200 orang.

Bosan dengan suasana lautan, kita bisa beranjak lebih dalam menuju daratan. Di sana terdapat tempat yang dinamai Tarzan House, yakni rumah di atas pohon dan juga terdapat beberapa hewan ternak seperti kerbau yang di lepas liar begitu saja.

Pun di area daratan juga terdapat Danau Kepiting serta Hutan Mangrove yang dilengkapi dengan beberapa pondok di dalamnya. Seakan-akan kita sedang beristirahat sejenak di dalam hutan yang tenang.

Hutan Mangrove. Foto: HM Chaniago/pelantar.id

Tak jauh dari sini, tepatnya dipinggir hutan mangrove terdapat beberapa gazebo dengan view menghadap laut dan Hotel Catamaran.

Hotel Catamaran ini sendiri adalah hotel berbentuk kapal dan kabarnya hanya menyediakan dua kamar dengan fasilitas yang melenakkan diri. Kebayangkan tidur dan istirahat di atas kapal yang menepi di pingggir laut sunyi?

Baca Juga :   PNS Tambah Libur Lebaran, Siap-Siap Terima Sanksi

Tak hanya Hotel Catamaran, hal lainnya yang menjadi daya tarik dari penginapan di Kepri Coral adalah Dome Village berjumlah 120 unit. Dome Village ini bisa kita katakan serupa rumah Hobit dalam film The Lord of the Rings atau mungkin rumah kurcaci.

Di sekitar Dome Village ini dipenuhi tanaman-tanaman hijau, sementara di dalamnya dilengkapi dengan fasilitas sederhana berupa kasur di atas karpet, AC dan Kamar Mandi. Fasilitas lainnya di Kepri Coral adalah: Kendaraan UTV atau Side by Side, Quadski, Jetski, Hovercraft, Water Bicycle, Kano, Banana Boat, Fishing Platform, Penangkaran; Kepiting, Ranjungan, Lobster dan Ikan, dan ragam spot foto yang instagramable.

Akses Menuju Kepri Coral

Kawasan macro-wisata yang didirikan di atas lahan pulau seluas kurang lebih 568 hektare ini memang berada di selatan Pulau Batam. Untuk menuju ke sini jika kita memulai perjalanan dari Batam Center butuh waktu sekitaran kurang-lebih 60 menit terlebih dahulu menuju pelabuhan Terminal KPC Jembatan Raja Kecik atau Jembatan VI Barelang.

Dari terminal KPC nantinya kita harus menempuh jalur laut lagi dengan jarak tempuh kisaran 30 sampai 45 menit menuju Pangalap Island menggunakan Kapal Oceana atau Kapal Galang Indah.

Jarak tempuh yang akan anda habiskan tak akan terasa melelahkan, karena jalur darat yang kita tempuh yakni melewati 6 jembatan yang menghubungan wilayah Batam-Rempang-Galang. Sementara terminal KPC berada di ujung jembatan VI, hal menyenangkan pun akan kita rasakan ketika menempuh jalur laut. Jadi untuk lebih memahaminya, kawasan cukup direkomendasikan.