pelantar.id – Yamaha merilis produk sepeda motor anyarnya, bulan ini. Pabrikan motor berlogo garpu tala itu akan meluncurkan motor baru 2019 Yamaha YZF-R125.

Sebelumnnya, banyak yang menduga Yamaha akan mengeluarkan motor versi terbaru dari R25. Pasalnya, pesaing Honda CBR250RR itu sudah lama tidak mendapat penyegaran. Tapi ternyata bukan itu yang akan dirilis.

Mengutip Rushlane, Senin (1/10), Yamaha akan mengeluarkan motor yang dibekali dengan mesin satu silinder berkapasitas 125 cc. Teknologi ala NMAX hasil pengembangan Yamaha, Variable Valve Actuation atau VVA juga disematkan ke motor tersebut.

YZF-R125 memang masuk dalam segmen small sports bike dan selama lebih dari satu dekade tanpa adanya perubahan besar sejak diperkenalkan pada tahun 2007. Terlepas dari ubahan/tweak sektor performa dan perubahan moncong pada tahun 2014 model R125 (2018) hampir sama dengan model awalnya.

Motor Yamaha R125 edisi baru (2019)

Bukan hanya sektor mesin, Yamaha juga mengubah wujudnya. Fairing mendapat desain baru, dua lampu depan dipasang dan dipisahkan oleh lubang udara, mirip dengan R15.

Rangka Deltabox dirancang ulang, agar dapat memberi pengendalian yang lebih baik. Suspensi depan tetap memakai model up-side down, sementara sistem pengereman cakram di kedua roda sudah dibekali anti-lock braking system atau ABS.

Panel instrumennya juga baru, mengadopsi teknologi digital dan mengutamakan tampilan putaran mesin serta kecepatan. Motor ini akan dipajang di pameran Intermot, yang digelar di Jerman mulai 3 Oktober 2018. Usai peluncuran, motor akan mulai dijual ke publik mulai tahun 2019.

Walau masih belum resmi menggunakan sistim VVA, tetapi kemungkinan besar mesin akan sama dengan yang dipakai oleh Yamaha NMAX 155. Dengan sistem ini pada putaran rendah, profil cam yang lebih kecil akan bekerja akan meningkatkan torsi dan ekonomi bahan baker, sementara profil high-lift, long-overlap berperan dalam putaran tinggi untuk power lebih besar.

Untuk tenaga atau power maksimum 14.7hp namun dengan sistem VVA harusnya ada peningkatan di torsi dan akselerasi. Torsi yang akan diladeni oleh perangkat baru slipper clutch dimana ini merupakan yang pertama di kelas motor sport 125cc.

Frame walau terlihat mirip dengan motor sebelumnya, diklaim memiliki geometri yang sudah direvisi. Suspensinya garpu depan ukuran 41 mm di bagian depan dan swingarm aluminium terbaru di belakang.

Motor Yamaha R125 edisi yang lama

Desain R series memang mengusung desain yang terinspirasi dari superbike R1 dan M1 MotoGP, untuk lampu depan dan lampu belakang LED. Berikut spesifikasi 2019 Yamaha YZF-R125:

Power : 14.7bhp (11kW) @ 9.000rpm
Torsi : 9.1lb-ft (12.4Nm) @ 8.000 rpm
Ukuran tangki : 11 liter
Ketinggian Jok : 825mm
Berat (wet) : 142kg

Editor : Yuri B Trisna
Dari berbagai sumber