Pelantar.id – Youtube mengucurkan dana USD20 juta atau sekitar Rp304 miliar untuk konten edukasi melalui program baru Learning Fund. Berdasarkan keterangan di blog Youtube, beberapa channel dengan konten edukasi sudah mendapatkan suntikan.

Seperti TED-Ed yang didedikasikan untuk pendidikan dan channel Crash Course milik Hank dan John Green telah mendapatkan dana tambahan ini. Inisitif ini diumumkan Selasa (23/10), oleh Global Head of Learning Youtube, Malik Ducard.

Youtube memang berencana berinvestasi pada konten dari kreator independen seperti Green bersaudara serta sumber berita konvensional dan organisasi pendidikan untuk memperluas penawaran kontennya. Untuk itu Youtube menyediakan dana untuk program tersebut.

Untuk mendapatkan suntikan dana tersebut harus memenuhi persyaratan. Dalam FAQ program itu dinyatakan bahwa “pelamar yang berhasil harus membuat perjanjian tertulis dengan Youtube.

Baca Juga :   Google Lens: Fitur Memindahkan Tulisan Tangan ke Komputer

Perjanjian ini akan memuat lebih banyak rincian tentang pengiriman yang diperlukan, jadwal pembayaran, serta syarat dan ketentuan lainnya.”

Kreator konten harus mampu mempertahankan minimal 25.000 subscriber. Dilansir dari The Verge (23/10), mereka yang mendaftar pada program edukasi itu tidak diharuskan memiliki gelar atau sertifikasi yang sesuai dengan bidangnya. Akan tetapi, pelamar yang sukses akan diminta menunjukkan bahwa mereka memiliki keahlian dan atau konten yang mereka hasilkan diverifikasi oleh pakar di bidangnya.

Minat Youtube untuk men-support konten pendidikan tersebut memang sudah menjadi tujuan dari perusahaan. Maret lalu Youtube mengumumkan mereka berencana untuk menginvestasikan USD10 juta selama dua tahun ke depan untuk mempromosikan literasi media yang lebih baik.

Baca Juga :   Xiaomi Bagikan 100 Redmi 7 Pro Gratis Saat Peluncuran

Konten edukasi juga merupakan hal yang disukai oleh CEO Youtube, Susan Wojcicki. Kepada Recode, Susan mengatakan bahwa video edukasi merupakan area yang menarik untuk dieksplorasi oleh perusahannya.

Juli lalu Youtube juga telah merilis Youtube Learning, yaitu program hibah khusus untuk para kreator pendidikan. Melalui program itu, Youtube juga menegaskan kembali bahwa konten edukasi merupakan area yang sangat ingin dikembangkan oleh perusahaan.

Sejauh ini belum jelas bagaimana hibah program Learning Fund akan disebarkan atau berapa banyak konten kreator yang akan dibayar. Pembaruan Youtube mengatakan bahwa perusahaan telah mengamankan investasi untuk konten bersponsor, khusus bagi komunitas Youtube Learning.

Dana edukasi Youtube itu memiliki manfaat yang bagus, namun ini bukanlah program filantropi.

=======
sumber: tek.id

foto: