pelantar.id – Diserang kantuk di pagi hari akan menjadi masalah saat Anda harus bekerja. Mengantuk menyebabkan orang tak bersemangat melakukan pekerjaan.

Banyak penyebab atau faktor mengapa ngantuk dapat menyerang di pagi hari. Salah satunya dapat disebabkan oleh kebiasaan begadang atau kondisi tubuh Anda dalam tidak fit atau kelelahan.

Kurangnya waktu tidur di malam hari menjadi penyebab utama yang membawa kantuk di pagi hari. Namun disamping penyebab itu ternyata mengantuk di pagi hari juga disebabkan oleh gejala penyakit tertentu yang sedang Anda alami.

Berikut gejala penyakit yang mungkin Anda alami karena mengantuk di pagi hari yang kami kutip dari cantika.com

Anemia

Baca Juga :   Kepemimpinan Masyarakat dalam Kemitraan Konservasi

Mengantuk di pagi hari meski tidur cukup lama di malam hari bisa saja menjadi pertanda anemia. Anemia terjadi karena tubuh kekurangan sel darah merah. Padahal, sel-sel darah merah berperan sangat penting untuk membawa oksigen ke dalam tubuh.

Diabetes

Rasa kantuk di pagi hari juga bisa menjadi pertanda diabetes. Cegah dengan mengurangi konsumsi gula. Selain itu, ada baiknya untuk selalu mengecek kadar gula darah dalam tubuh.

Gangguan pencernaan

Rasa kantuk di pagi hari ternyata juga dapat menyebabkan dehidrasi pada tubuh. Ketika tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, maka hal itu akan berdampak buruk pada sistem pencernaan dan membuat sistem pencernaan bekerja kurang maksimal ketika mengeluarkan racun dan kotoran dalam tubuh.

Baca Juga :   Singapura Terima Pengunjung dari Indonesia dengan Syarat Berikut

Faktor lainnya yang menyebabkan kantuk

Kelainan ritme sirkadian: ritme sirkadian adalah jam internal tubuh atau jam biologis yang menentukan kapan kita bangun dan tidur. Hal yang memperngaruhi terjadinya kelainan ritme sirkadian misalnya kerja shift, melintasi zona waktu, dan pengaruh obat-obatan.

Hipersomnia: kondisi seseorang tidur berlebihan atau kesulitan tetap terjaga saat siang hari, menyebabkan orang ini dapat tertidur kapan saja baik saat bekerja atau mengemudi. Hal ini dapat disebabkan oleh kurang tidur malam hari, pengaruh obat-obatan, dll.

Narkolepsi: kelainan saraf yang mempengaruhi kendali seseorang tentang waktu tidur dan bangun. Gejalanya mengantuk pada siang hari, halusinasi, kelemahan otot tiba-tiba.

Tips-tips mengatasi kantuk di pagi hari

  • Kenali dan amati waktu jam tidur anda
  • Kuatkan niat dan tekad untuk bangun pada pagi hari
  • Jangan memasang alarm yang dapat ditunda / snooze
  • Olahraga secara rutin
Baca Juga :   Khawatir Virus Corona Jenis Baru, Pemerintah Larang WNA ke Indonesia