Pelantar.id_Pemerintah melarang kedatangan warga negara asing ( WNA) dari seluruh negara untuk mencegah penularan virus Corona jenis baru. Larangan tersebut akan mulai berlaku pada 1-14 Januari 2021.

Virus Corona baru tersebut sangat dikhawatirkan, karena memiliki tingkat penularan yang sangat cepat dibandingkan virus corona penyebab Covid-19 lainnya.Dikutip dari kompas.com, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, keputusan pelarangan WNA datang ke Tanah Air tersebut merupakan hasil rapat kabinet terbatas yang digelar pada Senin (28/12/2020).

“Menyikapi hal tersebut, rapat kabinet terbatas 28 Desember memutuskan untuk menutup sementara. Saya ulangi untuk menutup sementara dari tanggal 1 sampai 14 Januari 2021 masuknya warga negara asing atau WNA, dari semua negara ke Indonesia,” kata Retno dalam konferensi pers melalui saluran YouTube Sekretariat Presiden, Senin (28/12/2020).

Baca Juga :   Cegah PNS Malas, Pemprov Kepri Pakai Scan Wajah

Akan tetapi larangan tersebut dikecualikan bagi kunjungan pejabat setingkat menteri atau jabatan di atasnya. “Penutupan sementara perjalanan WNA ke Indonesia dikecualikan bagi kunjungan resmi pejabat setingkat menteri ke atas dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat,” kata Retno.

Kata Retno, meskipun pemerintah menutup pintu sementara bagi WNA, akan tetapi bagi warga negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri tetap diizinkan kembali ke Indonesia. “Sesuai Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011, Pasal 14, warga negara Indonesia tetap diizinkan kembali ke Indonesia,” ujar dia.