pelantar.id – Lanal Tanjungbalai Karimun musnahkan barang tangkapan berupa minuman beralkohol dan rokok illegal, Jumat (19/10) di Pangkalan Lanal Tanjungbalai Karimun.

Dalam pemusnahan itu, sebanyak 4800 botol minuman beralkohol berbagai merek dipecahkan menggunakan palu, dan 2.560.000 batang rokok dimusnahkan dengan cara dibakar.

Palaksa Lanal Tanjungbalai Karimun, Mayor Laut (P) Muh. Ritaudin mengatakan, kedua jenis barang bukti itu merupakan hasil tangkapan yang dilakukan pada 11 dan 12 September lalu. Dengan nilai total barang diperkirakan mencapai Rp 3 Miliar.

“Hari ini kita musnahkan serentak atau bersamaan dengan Lanal Batam dan Lanal Dumai, lalu dilakukan viecon dengan Pangkoarmada I Laksda TNI Yudo Margono,” kata Ritaudin.

foto: Abdul Gani/pelantar.id

Diketahui, tangkapan pertama 11 September dilakukan pada satu speedboat tanpa nama, membawa 200 kotak rokok illegal dari Jurong – Singapura.

Baca Juga :   Dataran Langlang Laut Belakangpadang Bakal Dipercantik

Tim gabungan F1QR Lanal Dumai dan tim Denintel Koarmada I berhasil menangkap speed tersebut, tepatnya di Perairan Kuala Enok – Riau. Barang bukti berikut speedboat dan lima awak kapal digiring ke Lanal Tanjungbalai Karimun.

Sehari setelahnya, atau pada 12 September dilakukan penangkapan kedua terhadap speed yang juga tanpa nama. Dengan membawa muatan minuman beralkohol sebanyak 200 kotak minuman aneka merek.

Tim gabungan F1QR Lantamal IV dan F1QR Lanal Tanjungbalai Karimun berhasil mencegat kapal tersebut di perairan Tanjungbatu. Lalu digiring ke Lanal Tanjungbalai Karimun untuk diproses.

“Ada 10 orang yang terlibat dari dua speedboat yang diamankan. Masing-masing diawaki lima orang. Di mana dua speedboat itu tujuannya sama-sama ke Kampar – Riau, dan diduga sama-sama dari Singapura. Barang bukti ini sudah berkekuatan hukum tetap. Sehingga tindakan selanjutnya kita musnahkan hari ini,” jelas Ritaudin lagi.

Baca Juga :   Fachrul Razi: Tidak Ada Keberangkatan Haji Tahun Ini

Hadir dalam pemusnahan itu, perwakilan dari Kodim 0317 Tanjungbalai Karimun, Satpolair Polres Karimun, Pasops Lanal Tanjungbalai Karimun, KSOP Tanjungbalai Karimun, KPPBC Tanjungbalai Karimun, Denpom Lanal Tanjungbalai Karimun, Yonif RK 136/TS dan beberapa tamu undangan lainnya.
===========

Reporter: Abdul Gani
editor: Eliza Gusmeri